Klik Disini untuk mendownload buku fisika gratiis!!!

Selasa, 02 September 2008

Mobil melewati tikungan ( dibahas pake fisika yuuuuuuk!!)

Satu contoh percepatan sentripetal terjadi ketika mobil melewati sebuah tikungan. Pada situasi ini bagi penumpang akan ada perasaan terdorongke luar. Tetapi tidak terdapat satupun gaya sentrifugal misterius yang menarik penumpang ini. Yang terjadi pada penumpang adalah, kevcenderungan bergerak dalam garis lurus, sementara mobil mulai mengikuti lintasan yang melengkung. Untuk membuat penumpang bergerak dalam lintasan yang melengkung, tempat duduk (gesekan ) atau pintu mobil (kontak langsung ) memberikan gaya pada penumpang. Mobil itu sendiri pasti mempunyai gaya kedalam yang diberikan padanya jika bergerak melengkung. Pada jalan yang lurus gaya ini diberikan oleh gesekan antara ban dan jalan. (merupakan gesekan statis selama ban tidak slip ). Jika gaya gesekan tidak cukup besar seperti pada jalan yang ber-es, gaya yang cukup tidak bias diberikan dan mobil akan tergelincir keluar dari jalur melingkarnya ke jalur yang lebih lurus.

Mobil akan dapat melewati tikungan dengan sempurna jika gaya yang diberikan oleh jalan sebagai gaya gesekan statis, sama atau lebih besar dari gaya yang dibutuhkan untuk melewati sebuah tikungan dengan radius r. Jika gaya yang diberikan jalan lebih kecil, yang terjadi adalah mobil akan tergelincir.

Situasi menjadi lebih buruk jika roda terkunci (tidak berputar) jika rem diberilkan terlalu keras. Ketika ban-ban berputar, bagian bawah ban tersebut berada dalam keadaandiam terhadap jalan pada setiap saat, sehingga ada gesekan statis. Tetapi jika roda-roda terkunci, ban-ban tergelincir dan gaya gesekan , yang sekarang merupakan gesekan kinetis, menjadi lebih kecil. Terlebih lagi, jika jalan basah atau ber-es, penguncian roda terjadi dengan gaya yang lebih kecilpada pedal rem karena gesegkan jalan lebih kecil untuk mempertahankan roda berputar dan tidak tergelincir. Rem anti terkunci (ABS = Antilock Brakes ) dirancang untuk membatasi tekanan rempersis sebelum saat dimana mobil akan tergelincir, dengan bantuan sensor yang peka dan computer yang cepat.
Pemiringan tikungan dapat memperkecil kemungkinan tergelincir karena gaya nor mal jalan (bekerja tegak lurus terhadap mobil ) akan memiliki komponen kea rah pusat lingkaran, dengan demikian memperkcil ketergantungan gesekan. Untuk sebuah bidang dengan kemiringan tertentu, akan ada satu laju dimana tidak dibutuhkan gesekan sama sekali.

0 komentar:

maRi naK cakap,,,,,,


Free chat widget @ ShoutMix
 
Copyright 2009 Physics_community..... Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan