Klik Disini untuk mendownload buku fisika gratiis!!!

Rabu, 03 September 2008

Fisika Dan Elemen Penting Penyusunnya

Fisika, seperti juga sains lainnya, merupakan usaha kreatif. Fisika bukan hanya merupakan sekelompok fakta teori-teori yang penting di buat dengan tujuan untuk menjelaskan pengamatan,. Untuk dapat diterima teori diuji dengan membandingkan prediksinya dengan hasil eksperimen yang sebenarnya. Dan umumnya sebuah teori tidak dapat dibuktikan secara absolute.
Para ilmuwan sering membuat model dari fenomena fisika. Sebuah model merupakan semacam gambaran atau analogi yang kelihatannya menjelaskan fenomena yang bersangkutan. Teori, biasanya dikembangkan dari model, biasanya lebih dalam dan lebih kompleks dari model yang sederhana.
Hukum Ilmiah merupakan suatu pernyataan yang singkat, sering dinyatakan dalam bentuk persamaan, yang secara kuantitatif mendeskripsikan sekelompok fenomena yang meliputi kasus-kasus yang luas.
Pengukuran memainkan peranan penting dalam fisika, tetapi tidak akan pernah tepat secara sempurna. Adalah penting untuk menentukan ketidakpastian suatu pengukuran, apakah denngan menyatakan langsung dengan penggunaan notasi atau hanya dengan menggunakan jumlah angka signifikan yang tepat.
Besaran-besaran fisika, selalu dinyatakan relative terhadap suatu standar atau satuan tertentu, dan satuan yang digunakan harus selalu diikutsertakan. Satuan yang diterima secara umum saat ini adalah systeme international (SI), dimana satuan standar panjang, massa dan waktu adalah meter, kilogram dan sekon.
Ketika melakukan konversi satuan, periksa semua factor konversi agar satuan-satuan dapat saling meniadakan secara benar. Membuat perkiraan kasar dari pangkat nilai merupakan teknik yang sangat berguna pada sains disamping dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

maRi naK cakap,,,,,,


Free chat widget @ ShoutMix
 
Copyright 2009 Physics_community..... Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan