Klik Disini untuk mendownload buku fisika gratiis!!!

Rabu, 03 September 2008

Pilihan Hidup diantara tiga Resistor

Sebenarnya sadar atau tidak setiap apa yang kita lakukan selalu berhubungan dengan fisika. Berolahraga, bermain basket misalnya , untuk memasukkan bola ke ring kita harus terlebih dahulu mempekirakan berapa gaya yang harus diberikan, jika terlalu bear bola akan mental kembali dan jika terlalu kecil bola basket tidak akan sampai ke ring.

Tidak hanya itu pernahkan terpikirkan bahwa rangkaian hambatan parallel menyerupai sifat manusia. Misalkan kita ada di ujung percabangan sebagai arus yang akan melewati tiga buah jembatan. Pilihan bertama kita melewati jembatan dengan jalan lurus tanpa hambatan, jalannya tidak bergelombang dan sudah dilapisi aspal. Kemudian pada pilihan kedua jembatan yang akan kita lewati nanti penuh dengan kerikil belum lagi kondisi jalanan yang belum diaspal. Sedangkan pilihan ketiga jembatan yang akan kita lewati licin. Nah misalkan ada 60 orang yang akan menyeberang pasti yang paling banyak dipakai adalah jembatan yang lurus lancar dan tanpa hambatan, namun tidak memungkinkan ada beberapa orang yang melewati pilihan jembatan kedua dan ketiga. Dan satu hal yang pasti jumlah orang yang masuk ketiga percabangan sama dengan jumlah total yang keluar dari semua jembatan. Seperti Hukum Kirchoff bukan? Yang menyebutkan bahwa jumlah arus total yang keluar sama dengan hasil penjumlahan arus pada percabangan. Kelihatan juga bahwa arus akan lebih besar pada resistor yang bernilai kecil. Nah itulah hidup kita, mirip arus listrik, yang tidak suka hambatan terlalu besar.

Tidak menyangka bukan? Bahwa dalam hal kecil sekalipun selalu kita berhubungan dengan fisika. Dan terbukti Physics is fun….. fisika itu menyenangkan. Jadi jangan jadikan Fisika sebagai beban karena, tanpa fisika mungkin selama hidup kita akan dalam kegelapan…..(kan jika fisika tak ada, Thomas Alfa Edison tidak akan menemukan lampu…). Selamat belajar fisika

0 komentar:

maRi naK cakap,,,,,,


Free chat widget @ ShoutMix
 
Copyright 2009 Physics_community..... Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan